RSS

MaKnA BasMaLLaH




Assalamualaikum Wr, Wb.
Bismillahirrahmanirrahim __ Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang.


Banyak fenomena sehari-hari yang dapat kita amati yah...diantaranya...sering kali kalau kita di kamar mandi, atau dimanapun..kita bernyanyi kecil..macam-macam lagu-pun tak luput dari bibir kita.
Tapi koq aneh ya..pada saat mau makan, memulai aktifitas..kata sederhana ^Bismillahirrahmanirrahim^ sering terlupa dari ingatan kita.
Hmm...ada yang salah niy sepertinya...haruskah kita beri tanda tanya besar...??????
Berikut ini ada juga niy sedikit ulasan..yang mungkin bisa memperluas ilmu kita..tentang betapa pentingnya ^BaSMaLaH^



Rasulullah SAW...menegaskan bahwa segala sesuatu perbuatan yang besar tidak dimulai dengan Basmalah maka tidak akan dinilai sebagai ibadah. Sebaliknya, perbuatan baik sekecil apa pun akan dihargai sebagai ibadah.
(dan Allah selalu memberi balasan berlipat ganda terhadap ibadah hamba-hamba-Nya) jika diawali dengan Basmalah.

Dari sini kita dapat melihat bahwa sekedar ingat kepada Allah (dzikrullah) saja ternyata tidak mencukupi bagi suatu ibadah agar dianggap ^SAH^ oleh Allah SWT. Tidak cukup dengan akal yang teringat kepada Allah, namun lisan harus bergerak mengucap Basmalah. Ini tentunya merupakan bentuk ‘pengingat’ yang lebih solid lagi, sehingga setiap Muslim benar-benar tersentak pikirannya dan mengingat Allah sebelum segala sesuatunya.



Ketika dalam satu forum..saya mendapat satu ilmu yang sangat besar...yang disampaikan oleh seorang ^akhi^....satu hal sederhana tapi "subhanallah".....justru itu menyadarkan saya tentang betapa pentingnya makna basmalah dalam hidup kita dan setiap apa yang kita perbuat.
Kata-kata beliau Insyaallah akan terus saya ^cam-kan^ dalam lubuk hati terdalam saya. Beliau berkata (kurang/lebih) begini :
"maka ingatlah..selalu-lah awali apapun yang akan kita kerjakan (-selama tidak menyalahi aturan agama kita-) dengan ^BaSMaLaH^..karena sesungguhnya ada beberapa makna yang terkandung didalam "bacaan sederhana" tersebut..diantaranya adalah :

  1. Dengan ^BaSMaLaH^ berarti kita ingat kepada Rabb kita.
  2. Dengan ^BaSMaLaH^ berarti kita meminta Ridho Allah terhadap pekerjaan tersebut.
  3. Dengan ^BaSMaLaH^ berarti kita meminta bantuan dan pertolongan Allah terhadap pekerjaan tersebut.


Subhanallah...dengan Basmalah saja..sudah tiga Do`a yang terucap dari hati dan lisan kita..Maha Besar-Mu yaa Rabb.
Basmalah secara harfiah: “Dengan menyebut nama Allah…” tetapi diartikannya sebagai: “Aku bersamaMu ya Allah…dalam melakukan segala aktivitas kehidupan ku ini…”.
Bisa diartikan juga...Basmalah adalah merupakan ikrar dari seorang hamba dalam penyerahan dirinya bulat-bulat kepada Allah swt dalam segala aktivitasnya. Hanya Dialah yang akan melancarkan, terwujud atau tidak terwujudnya suatu pekerjaan yang kita lakukan. Tiada yang dapat terjadi tanpa seijinNya. Kita ini hanyalah media bagiNya.


Dan bahkan dalam suatu hadits Qudsi Allah swt pernah berfirman:
             “Sesungguhnya rahmat-Ku mengalahkan murka-Ku” (HR Muslim).
Tetapi lain halnya dengan rasa sayangnya Allah swt (Ar-Rahim), yang hanya diperuntukkan kepada hambaNya yang juga mempunyai rasa sayang terhadap Allah, yakni siapa yang paling tekun, paling gigih, paling berjibaku untuk mendekatkan diri kepadaNya dan menjalin hubungan baik (kasih sayang) terhadap sesamanya.
Hmm...pastinya banyak sekali pembahasan yang lain tentang Makna Basmalah ini yang bisa kita ambil hikmah dan pelajaran...banyak juga pastinya kisah-kisah nyata yang memperlihatkan bahwa betapa dahsyat`nya kuasa Allah SWT melalui bacaan Basmalah ini.


Tapi pada intinya selalu`lah ingat Allah Azza Wa Jalla dalam setiap hembusan nafas kita..dan niscaya Allah SWT juga akan mengingat kita....karena pada intinya ^Allah Azza Wa Jalla akan mengingat umat-Nya yang ingat kepada-Nya....AMIN"


Wassalamual`aikum.

ShAnTY - 30 Maret 2010

Myspace Layouts & CommentsMyspace Layouts @ JellyMuffin.com

 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar